Cara Install Laravel

Hello Sobat DignoKini.com, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara install laravel.

Point – Point Penting

  • Memastikan bahwa komputer sudah terinstall PHP versi 7.3 atau lebih tinggi
  • Menginstall Composer
  • Membuat project baru dengan perintah “composer create-project –prefer-dist laravel/laravel nama-project”
  • Menggunakan command “php artisan serve” untuk menjalankan project

1. Memastikan bahwa komputer sudah terinstall PHP versi 7.3 atau lebih tinggi

Sebelum menginstall laravel, pastikan bahwa komputer sudah terinstall PHP versi 7.3 atau lebih tinggi. Hal ini penting karena laravel membutuhkan PHP dengan versi tersebut untuk dapat berjalan dengan baik.

2. Menginstall Composer

Composer adalah package manager untuk PHP yang sangat diperlukan dalam proses pengembangan dengan laravel. Untuk menginstall composer, bisa langsung mengunjungi website resminya di https://getcomposer.org/ dan mengikuti petunjuk instalasinya.

3. Membuat project baru dengan perintah “composer create-project –prefer-dist laravel/laravel nama-project”

Setelah memastikan bahwa komputer sudah terinstall PHP dan composer, langkah selanjutnya adalah membuat project baru dengan menggunakan perintah “composer create-project –prefer-dist laravel/laravel nama-project”. Pastikan untuk mengganti “nama-project” dengan nama project yang diinginkan.

4. Menggunakan command “php artisan serve” untuk menjalankan project

Setelah project berhasil dibuat, langkah terakhir adalah menjalankan project dengan menggunakan command “php artisan serve”. Dengan menggunakan command tersebut, project akan berjalan pada server lokal dan bisa diakses melalui browser.

Laravel adalah framework PHP yang sangat powerful dan efisien dalam membantu pengembangan aplikasi web. Dengan mengikuti cara install laravel yang tepat, kita bisa dengan mudah memulai pengembangan aplikasi web dengan menggunakan laravel.

“Install Laravel sekarang juga dan mulailah membangun aplikasi web yang powerful dan efisien!”

FAQ

1. Apakah laravel bisa diinstall di semua sistem operasi?

Ya, laravel bisa diinstall di semua sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux.

2. Apakah laravel bersifat open-source?

Ya, laravel bersifat open-source dan bisa digunakan secara gratis.

Kesimpulan

Dengan mengikuti cara install laravel yang tepat, kita bisa dengan mudah memulai pengembangan aplikasi web yang powerful dan efisien. Jangan lupa untuk selalu memperbarui versi laravel dan mempelajari dokumentasinya untuk mengembangkan kemampuan kita dalam menggunakan framework ini.

Demikian penjelasan dari kami tentang cara install laravel , Apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah ya! Terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan komentar